Kamis, 08 Oktober 2015

TUGAS 1




 E-BUSINESS
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEOdari IBM.
Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Kelebihan dan kekurangan e-Business

Kelebihan E-business

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).

4. Melebarkan jangkauan (global reach).

5. Meningkatkan customer loyality.

6. Memperpendek waktu produksi.

7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Kekurangan  E-Businnes

1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.

3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.

5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik

Lazada Sudah Temukan Pelaku Kasus Beli Smartphone Dapat Kispray


Lazada Indonesia dua kali dibuat repot kasus dugaan penipuan online. Setelah sebelumnya sempat dilaporkan seorang pembeli iPhone 6 Plus yang justru dikirim sabun mandi batangan, kini seseorang bernama Rizki Kartadikaria menumpahkan kekecewaannya via Twitter karena pesanan Asus Zenfone 6-nya "berubah" menjadi dua buah kotak pewangi pakaian Kispray.

Berdasarkan keterangan resmi terbaru yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Kamis (9/7/2015), pihak Lazada Indonesia tampaknya sudah menemukan titik permasalah utama dari kasus penipuan online ini.

Di dalam keterangan resmi yang mengatasnamakan CEO Lazada Indonesia Alexandre Dardy tersebut disebutkan, "Kami telah menyelidiki kasus ini, mengidentifikasi individu yang bertanggung jawab atas kesalahan ini dan mengambil tindakan yang diperlukan."

Dari penggalan penyataan resmi perusahaan itu terungkap bahwa Lazada Indonesia telah mengetahui siapa pelaku yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun sayang, tidak diungkap secara gamblang siapa dan di mana posisinya dalam rantai pasokan Lazada Indonesia. Tak dijelaskan pula bagaimana modus operandi pelaku dalam melakukan aksinya.

Berikut adalah tanggapan lengkap Lazada Indonesia terkait insiden pengriman paket pengiriman unit Asus Zenfone 6 yang ternayata berisi Kispray:

Kemarin sore, Rabu, 08 Juli 2015 kami mengetahui bahwa ada pelanggan kami menerima produk yang berbeda dari yang dipesan. Kami segera menghubungi pelanggan tersebut dan akan mengirimkan produk yang Ia pesan hari ini.

Kami telah menyelidiki kasus ini, mengidentifikasi individu yang bertanggung jawab atas kesalahan ini dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Kami telah membangun perusahaan ini dengan tujuan untuk meningkatkan standar kepuasan pelanggan dan tingkat kepercayaan terhadap bisnis e-commerce di Indonesia.

Seperti komitmen kami, Lazada akan selalu memenuhi janji pelanggan melalui kebijakan Perlindungan Pelanggan (Buyer Protection), Jaminan Uang Kembali dan 100% Jaminan Kepuasan yang telah berlaku. Kami berkomitmen bahwa semua pelanggan akan menerima produk yang tepat dalam kondisi baru, asli, tidak rusak atau cacat. Jika harapan tersebut tidak terpenuhi, kami akan memastikan pelanggan mendapatkan produk yang tepat atau penggembalian dana penuh dalam waktu 24 jam.


etika :
- hindari harga yang tidak masuk akal
- teliti kualitas website
- telusuri gambar dimesin pencarian 
- selidiki reputasi website 
- jangan mudah percaya dengan testimonial


 narasumber : 
http://tekno.liputan6.com/read/2269314/lazada-sudah-temukan-pelaku-kasus-beli-smartphone-dapat-kispray
https://id.wikipedia.org/wiki/E-business
http://www.kompasiana.com/2011muhamad/model-e-business-beserta-kekurangan-kelebihannya_5500a19f813311a019fa7a44

Tidak ada komentar:

Posting Komentar